Public Article

Public's Articles

Blog ini dibuat khusus bagi yang suka membaca dan menulis artikel. Tulisan-tulisan yang dibuat selain oleh Admin Website bukanlah artikel resmi dari website ini. Administrator website berhak untuk merubah dan merapikan artikel-artikel yang ditulis. Lengkapilah profil anda, seperti nama, alamat, foto profil, cover, dll. Hanya artikel-artikel yang ditulis oleh penulis yang profilnya sudah lengkap yang akan ditampilkan di website ini.

Earth Hour

INILAH.COM, Jakarta – Sabtu (31/3/2012) adalah hari kampanye lingkungan hidup internasional, Earth Hour. Tapi dengan segala kehebohan seputar rencana kenaikan BBM, tampaknya momen ini akan terabaikan. Selama satu jam, yakni pukul 20.30-21.30 waktu setempat, kota-kota besar di dunia akan mengurangi konsumsi listrik. Biasanya, dengan mematikan lampu di ikon-ikon yang menjadilandmark kota tersebut. Sejam yang amat berarti itulah inti kampanye yang digelar World Wide Fund for Nature alias WWF ini.

Berbagai macam persiapan Earth Hour 2012 sudah dilakukan. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo sudah menyatakan kesiapannya bergabung dengan aksi ini. “Jakarta mempunyai komitmen besar dalam menjaga lingkungan hidup,” ujarnya, pekan lalu. Gubernur menyatakan lokasi yang akan dipadamkan lampunya di ibukota antara lain Gedung Balai Kota Provinsi DKI, Monas dan air mancurnya, Bundaran Hotel Indonesia dan lampunya, air mancur Arjuna Wiwaha, Patung Pemuda serta lampu jalan sepanjang Jalan Sudirman hingga Jalan MH Thamrin.

Kampanye yang cukup unik, salah satunya dilakukan di Solo. Aktivis menggunakan sepeda onthel konvoi keliling Solo, mengimbau warga untuk ikut serta mematikan lampu pada jam yang dimaksud. Walikota Joko Widodo dan Wakilnya, Hadi Rudyatmo, menjadi Duta Earth Hour 2012 untuk Kota Solo. Lalu pada Minggu, (25/3/12) lalu di Arena Tribeca Park, Central Park, Jakarta, komunitas Michael Jackson Indonesia (MJI) melakukan flash mob yang bagian dari kegiatan Central Park Mall, bertemakan Green Universe Central Park Extraordinary Eco Green Festival untuk menyambut Earth Hour.

Di tahun keempat Indonesia ikut serta kampanye Earth Hour ini, jumlah kota di Indonesia yang ikut berlipat ganda. WWF Indonesia tadinya menargetkan hanya tujuh kota saja. Namun, kini 26 kota menyatakan kesiapannya. “Total yang akan ikut berjumlah lebih dari lima ribu kota di 135 negara dunia ikut menyemarakkan Earth Hour,” ungkap Direktur WWF Indonesia Efransjah. Tak hanya sekadar mematikan lampu selama sejam, Efransjah menyatakan WWF ingin mengingatkan bahaya emisi karbondioksida (CO2).

RI bergabung pada tahun ketiga Earth Hour internasional dari WWF dan hanya Jakarta yang ikut. Saat itu saja, 50 megawatt listrik dihemat. Earth Hour pertama dimulai pada 2007 oleh 2,2 juta penduduk Sydney. Baru di tahun keduanya, 35 negara ikut serta dan menjadi 135 negara pada 2011. Tahun ini, Earth Hour mengusung tema ‘I Will If You Will’ atau diterjemahkan ‘Ini Aksiku, Mana Aksimu’. Pendukung akan melakukan satu aksi tertentu, jika pendukung lainnya melakukan hal yang mereka minta. Sebut saja Nadya Hutagalung, mantan VJ yang juga duta Earth Hour. Dalam tantangannya, Nadya akan berenang bersama hiu putih besa jika 10 ribu orang berhentu menggunakan tas plastik dan sedotan sepanjang 2012 ini.

Kehebohan seputar Earth Hour juga telah dimulai di seluruh dunia, sejak awal bulan ini. Sebenarnya, ditilik dari persiapan Indonesia, masyarakat kita tak melupakannya. Namun dengan kehebohan seputar BBM ini, diragukan dampak Earth Hour akan mengena. Padahal, konsumsi BBM secara berlebih juga merupakan salah satu sasaran kampanye Earth Hour dan WWF. Bahan bakar tak ramah lingkungan ini menghasilkan gas rumah kaca yang merusak lapisan ozon. Jika lingkungan sudah tercemar, siapa yang akan merasakan akibatnya? http://web.inilah.com/read/detail/18.../read/detail//

Location (Map)

Purwokerto, Indonesia
Rate this blog entry:
Jangan Langsung Tiduran Setelah Minum Obat
kesalahan apoteker dan pasien yang pendengarannya ...

Log in

fb iconLog in with Facebook
create an account