Menu

Deprecated: Non-static method Joomla\CMS\Application\SiteApplication::getMenu() should not be called statically, assuming $this from incompatible context in /home/indoskin/addon/dr-rocky/templates/gk_news/lib/framework/helper.layout.php on line 175

Deprecated: Non-static method Joomla\CMS\Application\CMSApplication::getMenu() should not be called statically, assuming $this from incompatible context in /home/indoskin/addon/dr-rocky/libraries/src/Application/SiteApplication.php on line 275

Deprecated: Non-static method Joomla\CMS\Application\SiteApplication::getMenu() should not be called statically, assuming $this from incompatible context in /home/indoskin/addon/dr-rocky/templates/gk_news/lib/framework/helper.layout.php on line 175

Deprecated: Non-static method Joomla\CMS\Application\CMSApplication::getMenu() should not be called statically, assuming $this from incompatible context in /home/indoskin/addon/dr-rocky/libraries/src/Application/SiteApplication.php on line 275

F.A.Q.

F.A.Q.

Pertanyaan-pertanyaan Sekitar Akupunktur

 

 

 

Apakah Akupunktur Itu ?

 

Akupunktur (Bahasa Inggris: Acupuncture; Bahasa Latin: acus, "jarum" (kata benda), dan pungere, "tusuk" (kata kerja)) atau dalam Bahasa Mandarin standard, zhen jiu (?? arti harfiah: jarum - moxibustion) adalah teknik memasukkan atau memanipulasi jarum ke dalam "titik akupunktur" tubuh. Menurut ajaran ilmu akupunktur, ini akan memulihkan kesehatan dan kebugaran, dan khususnya sangat baik untuk mengobati rasa sakit. Definisi serta karakterisasi titik-titik akupunktur ini sudah di-standardisasi-kan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Akupunktur berasal dari Tiongkok dan pada umumnya dikaitkan dengan Obat-obatan Tradisional Tiongkok. Bermacam-macam jenis akupunktur termasuk yang ada di Jepang, Korea, dan Tiongkok klasik dipraktekkan dan diajarkan di seluruh dunia. Ditinjau dari percobaan-percobaan klinis yang ada menurut protokol obat-obatan berdasarkan bukti; beberapa ilmuwan telah menemukan kemanjurannya untuk lebih dari 200 macam gejala penyakit.

Apakah Jarum Akupunktur yang Digunakan Selalu Baru ?

 

Klinik Dr. Rocky menjamin bahwa jarum yang digunakan di klinik kami selalu baru, steril dan sekali pakai. Kami senantiasa menggunakan jarum akupunktur terbaik dan berkwalitas tinggi, sehingga rasa sakit waktu penusukan tidak terlalu berasa bahkan sering tidak berasa sama sekali

Bagaimanakah Cara Kerja Akupunktur ?

 

Menurut ilmu pengobatan tradisional Cina, saluran energi berjalan dengan pola yang teratur di sluruh tubuh. Saluran-saluran energi ini yang disebut Meridian, seperti sungai-sungai yang mengalir di seluruh tubuh untuk mengairi dan memberi makanan pada seluruh jaringan tubuh. Bila terjadi penyumbatan pada aliran sungai energi ini, seperti sebuah bendungan, menyebabkan aliran balik ke satu bagian tubuh dan mencegah alirannya ke tempat yang seharusnya. Meridian-meridian ini dapat dipengaruhi dengan perangsangan pada titik-titik akupunktur. Tindakan akupunktur dapat menghancurkan sumbatan tadi dan membangun kembali aliran yang teratur dari meridian. Oleh karena itu akupunktur dapat membantu organ-organ tubuh dalam memperbaiki ketidak-seimbangan aktifitas pembentukan, pengaturan, pengaliran dan penyerapan energi melalui meridian.

Apakah Perbedaan antara Akupunktur Medik dengan Akupunktur biasa ?

 

Akupunktur adalah ilmu dan seni yang sudah sangat tua. Akupunktur mulai dipraktekkan di China sekitar 5.000 tahun yang lalu. Ada banyak pendekatan untuk mempelajari dan mempraktekkannya. Akupunktur medik adalah suatu cara yang digunakan oleh para dokter dari kedokteran barat untuk menjelaskan bagaimana mekanisme kerja akupunktur itu. Menurut ilmu kedokteran barat, perangsangan titik-titik akupunktur akan merangsang sistem saraf untuk melepaskan zat-zat kimia dalam otot, sumsum tulang belakang dan otak. Zat-zat kimia tersebut akan menyebabkan perubahan dari sistem organ, atau memicu pelepasan zat-zat kimia dan hormon-hormon lainnya yang dapat mempengaruhi sistem pengaturan tubuh. Perbaikan dari keseimbangan energi dan biokimiawi tersebut menyebabkan peningkatan kemampuan tubuh untuk melakukan kesembuhan alami dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Apakah Manfaat dan Ruang Lingkup Akupunktur ?

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan area yang luas dalam penggunaan Akupunktur untuk pengobatan masalah kesehatan, meliputi :
• Gangguan pernapasan : asma, sinusitis, flu, dll.
• Gangguan pencernaan : sakit maag, sulit buang air besar, diare, dll.
• Gangguan sistem reproduksi : nyeri haid, gangguan kesuburan, impotensia, dll.
• Gangguan  fisik yang berhubungan dengan ketegangan dan stress emosional : sulit tidur, dll.
• Gangguan sistemik dan fungsional : darah tinggi, kencing manis, kegemukan, alergi, mual muntah pada kehamilan, penurunan stamina, dll.

Berapa kali pengobatan yang diperlukan ?

 

Jumlah pengobatan yang diperlukan adalah berbeda pada setiap orang, tergantung kondisi gangguan / penyakitnya. Pada penyakit yang baru biasanya diperlukan 1 seri terapi, sedangkan pada penyakit yang lebih lama memerlukan beberapa seri terapi. Satu seri terapi terdiri dari 10 - 12 kali kunjungan.

Apa efek samping dari Akupunktur ?

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Pusat untuk Obat-obatan Alternatif dan Komplementer Nasional (NCCAM) yang berada di bawah naungan Institut Kesehatan Nasional (NIH), Asosiasi Medis Amerika (AMA) dan beberapa laporan resmi juga telah mempelajari serta memberi komentar tentang kemanjuran akupunktur. Terdapat persetujuan umum bahwa akupunktur adalah aman apabila dilakukan oleh praktisi yang terlatih, dan bahwa penelitian lebih jauh tentang akupunktur diperlukan. Efek samping yang dapat terjadi adalah rasa nyeri sesaat dan kadang-kadang dapat timbul kebiruan (pendarahan di bawah kulit) dimana hal ini tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Dokter menggunakan jarum akupunktur steril dan sekali pakai buang untuk menjaga sterilitas dari tindakan ini. Jadi dapatlah dikatakan bahwa tindakan akupunktur ini sangat aman.

Apakah Akupunktur akan menimbulkan ketagihan ?

 

Akupunktur sama sekali tidak menimbulkan ketagihan, namun beberapa pasien merasakan adanya rasa enak setelah di akupunktur sehingga timbul keinginan untuk di akupunktur lagi. Apabila akupunktur dihentikan tidak terjadi reaksi yang merugikan tubuh.

Apakah Akupunktur Bisa Mencegah Penyakit ?

 

Akupunktur juga digunakan untuk mencegah datangnya bermacam- macam penyakit seperti tersebut di atas dengan meningkatkan daya tahan seseorang dan mengembalikan fungsi organ–organ tubuhnya ke kondisi yang normal . Untuk pencegahan penyakit idealnya seseorang diakupunktur sekali dalam sebulan, minimal 6 bulan sekali . Pencegahan datangnya penyakit jauh lebih baik dari pengobatan penyakit itu sendiri.

Apakah itu Akupunktur Kecantikan  ?

 

Di bidang kosmetik dan kecantikan Akupunktur dapat digunakan untuk menghaluskan kulit, menghilangkan keriput / mengencangkan kulit, mengobati jerawat dan juga yang paling penting adalah untuk mengaktifkan Inner Beauty yaitu kecantikan yang terpancar dari dalam jiwa / batin seseorang dengan membersihkan dan kemudian mempertebal Aura kecantikan yang menyelimuti wajahnya (hal ini dapat dibuktikan dan dilihat dengan teknik Fotografi Kirlian). Semakin tebal Aura kecantikan seseorang semakin bercahayalah wajahnya. Wajahnya akan terlihat berbinar–binar dan memancarkan daya tarik yang sangat kuat terhadap orang lain maupun pasangannya. Inner Beauty bahkan terkadang sudah terpencar pada pengaktifan yang pertama. Akupunktur juga dapat digunakan untuk pengontrolan berat badan (menaikan atau menurunkan), mengontrol nafsu makan , dll.

 

 

Media

http://www.youtube.com/watch?v=KPAu38V4EHM

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.

back to top