Oct
06

Karakteristik, Indikasi dan Temuan Endoskopi Saluran Cerna Atas pada pasien Anak RSUD Arifin Achmad Pekanbaru

 
Pemeriksaan endoskopi saluran cerna pada anak sudah semakin berkembang dan telah banyak dilakukan di berbagai rumah sakit propinsi termasuk propinsi Riau. Berbagai penyakit saluran cerna pada anak memerlukan pemeriksaan endoskopi guna menemukan kelaianan dan menentukan pengobatan yang tepat sehingga terjadinya penurunan angka kesakitan dan kematian.
Continue reading
  11189 Hits
11189 Hits
Oct
05

Pencegahan Diare Persisten

Penyakit Diare merupakan penyakit endemis di Indonesia dan juga merupakan penyakit potensial KLB yang sering disertai dengan kematian. Diare persisten didefinisikan sebagai berlanjutnya episode diare selama 14 hari atau lebih yang dimulai suatu diare cair akut atau diare berdarah (disentri ).  Diare persisten tidak termasuk diare kronik atau diare berulang seperti penyakit sprue, gluten sensitive enteropathi . Menurut Walker-Smith diare persisten sebagai diare mulai secara akut tetapi bertahan lebih dari 2 minggu setelah onset akut.  Dari delapan studi kumunitas di Asia dan Amerika Latin didapat persentase diare persisten antara 3 sampai 23% dari seluruh kasus diare.

Continue reading
  9450 Hits
9450 Hits
Oct
01

Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Jangka Panjang Gangguan Tumbuh Kembang Anak Akibat Diare Persisten

Diare Persisten didefinisikan sebagai diare yang disebabkan infeksi yang berlangsung lebih dari 14 hari. Penatalaksanaan diare persisten pada anak menimbulkan keputus asaan bagi tenaga kesehatan dan keluarga menyebabkan penggunaan yang berlebihan terhadap obat-atau antibiotika. Belakangan ini beberapa Negara berkembang melaporkan keberhasilan penatalaksanaan diare persisten pada anak dengan pemberian diet harian yang mengandung muatan local yang tidak mahal dan suplementasi mikronutrien.1  

Continue reading
  13920 Hits
13920 Hits