Related discussions

Rahadian Discussion started by Rahadian 6 years ago

UMUMNYA, ibu hamil (bumil) akan merasakanheartburn atau sensasi panas pada beberapa titik perut selama kehamilan. Tetapi, bolehkah sebenarnya bumil mengonsumsi obat heartburnitu dan adakah obat yang aman mengingat efek samping obat bisa memengaruhi perkembangan janin?
 
Menanggapi hal tersebut, Dr. Manny Alvarez, Ketua Departemen Obstetri, Ginekologi, dan Ilmu Reproduksi di Hackensack University Medical Center, New Jersey menjelaskan, heartburnmerupakan hal yang sangat umum terjadi pada wanita selama kehamilan. Bahkan, lebih dari setengah dari semua wanita hamil melaporkan mengalami gejala sakit maag parah selama semester kedua dan ketiga mereka.

Heartburn sering terjadi selama kehamilan karena perubahan kadar hormon. Peningkatan hormon progesteron melemaskan katup lambung yang membuat asam naik ke kerongkongan.

Sangat penting bagi Anda untuk mengingat bahwa obat jenis antasida bisa mengganggu penyerapan vitamin tertentu, seperti zat besi. Di mana kandungan itu vital bagi wanita selama kehamilan karena membantu dalam produksi hemoglobin yang digunakan dan membawa oksigen ke plasenta, kata dr. Manny.

Terkait hal itu, ada dua jenis obat sakit maag yang bisa bumil andalkan, yakni satu jenis obat yang menetralkan asam dan jenis lainnya yang berfokus menurunkan produksi asam. Kedua jenis obat itu, umumnya aman untuk dikonsumsi selama mereka tak disalahgunakan. Tetapi obat jenis kedua ini hanya boleh dikonsumsi dalam hubungannya sebagai terapi alternatif. Mau tahu? 

Berikut ulasan menariknya, seperti dilansir Foxnews.

- Mengonsumsi kacang almond

- Minum air kelapa atau teh jahe

- Mengonsumsi satu sendok teh cuka sari apel

- Mengonsumsi herbal alami seperti slippery elm

- Duduk atau berdiri setelah makan

- Mengangkat kepala dan dada di tempat tidur

- Menjaga jurnal makanan untuk mengidentifikasi pemicu

- Selalu berbicara dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi obat apa pun, karena dia bisa membantu membuat keputusan yang terbaik untuk Anda dan sang bayi, sesuai riwayat medis.
(tty)

Replies
Dr. Christine Rosalina Lopulalan
Dr. Christine Rosalina Lopulalan Mengangkat kepala dan dada di tempat tidur? 4 years ago
loader
loader
Attachment
Dr. Christine Rosalina Lopulalan
Dr. Christine Rosalina Lopulalan Kayaknya disesuaikan dengan kondisi kita ya...hati hati aja 4 years ago
loader
loader
Attachment